Kamis, 16 Mei 2013

White Vegetable Bikin Tubuh Jadi Makin Sehat Alami

White Vegetable atau sayuran putih sebagai Menu sehat alami sudah saatnya kita terapkan. Nutrisi sangat dahsyat bagi tubuh yang kita konsumsi. Carakumasak memperoleh informasi bahwa sayuran putih mengandung nutrisi yang sangat besar sekali.
Para ahli nutrisi sudah sering mengungkap soal kehebatan sayuran hijau. Padahal sayuran berwarna lain juga tak kalah hebat nutrisinya. Seperti sayuran berwarna putih, kembang kol, bawang, jamur dan juga lobak.

Dibanding warna lain halnya sayuran putih, kelompok sayuran berwarna hijau seperti brokoli, bayam dan buncis memang sering dipromosikan sebagai sayuran sehat dalam . Menurut para peneliti dari Purdue University di Indiana, hal ini berpengaruh pada pilihan jenis sayuran. Orang lebih cenderung memilih sayuran hijau dan mengabaikan yang berwarna putih.

"Kita sudah sering direkomendasikan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang lebih variatif tiap harinya. Termasuk yang berwarna hijau dan oranye, namun tak ada rekomendasi serupa terhadap sayuran putih. Padahal di dalamnya mengandung serat, potassium dan magnesium," ungkap salah satu peneliti, Professor Connie Weaver
Seperti tertulis dalam jurnal Advances in Nutrition, kelompok ini menemukan jika konsumsi sayur-sayuran berwarna putih juga mampu mengatasi kekurangan nutrisi. Termasuk juga memenuhi kebutuhan tubuh akan serat, potassium dan magnesium.

Tubuh kita tiap hari membutuhkan beberapa nutrisi yang tak hanya karbohidrat sebagai asupan makanan umum di Indonesia. Namun asupan gizi  yang beasal dari serat bisa sangat cepat memproses makanan dibanding dengan nasi, yang beberapa jam baru bisa diproses oleh tubuh kita. Dan tentunya sayuran sangat kita butuhkan dalam tersebut.
"Secara keseluruhan, kita tidak makan sayuran dalam jumlah cukup. Kita juga tidak mempromosikan sayuran putih. Padahal sayuran putih banyak tersedia dan harganya terjangkau," jelas Connie. Ia menganjurkan untuk menyeimbangkan konsumsi sayuran hijau dengan sayuran putih. Sayuran putih juga bisa menunjang kebutuhan tubuh akan nutrisi pada  makanan anak-anak, remaja juga orang dewasa.
Menurut Alison Hornby dari British Dietetic Association, salah satu jenis yang baik dikonsumsi adalah kentang yang mengandung karbohidrat dan bisa memasok energi. Selain itu, kentang adalah sumber vitamin C dan serat yang baik. Kentang baik bagi kesehatan sistem pencernaan dan menjadi sumber vitamin B.
"Kembang kol juga sangat penting karena memiliki nutrisi yang bisa melindungi tubuh dari kanker. Selain itu juga rendah lemak dan tinggi serat," jelas Alison.

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Alami Vegetarian

Keuntungan pertama dengan mengkonsumsi sayuran putih ini adalah kita termasuk orang yang vegetarian(jangan bersaing dengan hewan), dengan menjadi vegetarian adalah memiliki perut yang sehat. Dengan memakan banyak sayuran apalagi ditopang dengan buah berarti semakin banyak serat.

Jadi tubuh kita makin alami dengan sumber asam amino yang sangat baik untuk metabolisme tubuh. Jadi selain nasi yang kita makan sehari-hari, kita harus memperhatikan sayuran-sayuran. Apalagi keilmuan mulai menyarakan dengan sayuran putih yang sangat meyehatkan ini.

Jadi sudah saatnya kita membiasakan menu bagi tubuh kita dengan white vegetable atau sayuran putih ini. Yang tentunya juga tak mengesampingkan sayuran hijau yang sudah terbiasa kita konsumsi.

0 komentar

Posting Komentar